RATUSAN TUKIK DILEPAS DI TAMAN WISATA ALAM AIR HITAM

Di tengah gerimis yang mengguyur pantai Taman Wisata Alam (TWA) Air Hitam, Kabupaten Muko Muko, sebanyak 210 tukik (anak penyu) dilepas sebagai upaya pelestarian hewan tersebut.

Tukik berumur satu minggu tersebut merupakan hasil penangkaran kelompok pemuda yang tergabung dalam Kelompok Pemuda Pemudi Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (KP3ALH) di Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Muko Muko bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu.

“Dari tiga sarang sebenarnya ada 300 butir telur penyu yang kita tangkar tetapi yang berhasil hidup menjadi tukik hanya 210,” kata Ketua KP3ALH Ihsan Alhamid Andalas saat dihubungi, Kamis.

Andalas mengatakan, pelepasan ini dilakukan oleh KP3ALH bersama tim Monitoring Harimau Gajah Sumatera (MHGS) yang bermarkas di Kecamatan Ipuh serta masyarakat setempat.

Pelepasan ini juga melibatkan anak-anak untuk menanamkan karakter pelestarian terhadap satwa dilindungi ini.

Setelah dilepas ke pantai terang Andalas, tukik ini langsung berlari menuju laut. Kehadiran mereka juga seolah disambut ombak pantai dan membawa ke laut. Jenis penyu yang dilepaskan seluruhnya termasuk Penyu Sisik.

“Kebetulan yang kita tangkar ini seluruhnya jenis penyu lekang,” tambahnya.

Ia mengatakan, penangkaran yang berlokasi dalam kawasan Taman Wisata Alam Air Hitam itu murni swadaya kelompok yang prihatin terhadap aksi pencurian telur penyu oleh masyarakat.

Saat ini di lokasi penangkaran juga terdapat empat sarang telur penyu yang akan menetas dalam 20 hari ke depan. Telur penyu membutuhkan waktu 60 hari untuk menetas menjadi tukik.

Ramon Dias, petugas BKSDA Bengkulu mengatakan, habitat bertelur penyu di pantai TWA Air Hitam perlu dilindungi dari aksi pencurian. Meski diakui banyak predator atas telur penyu, namun manusia adalah musuh utama karena mengambil keseluruhan telur yang berada dalam lobang.

“Kalau biawak, babi hutan dan pemangsa lainnya itu alami dan hanya mengambil sesuai dengan kebutuhannya, tapi kalau manusia begitu menemukan lubang telur penyu pasti seluruhnya diambil,” kata Ihsan seperti dikutip dari antara

Setelah menetas menjadi tukik dan siap dilepaskan ke laut, predator lain juga sudah menunggu seperti seperti ikan hiu dan lain-lain.

Telur-telur penyu yang diambil masyarakat biasanya untuk konsumsi dan diperdagangkan seharga Rp1.200/butir. Di beberapa warung penjual makanan di Muko Muko mudah menemukan menu telur penyu.

Dijelaskannya, usaha penangkaran ini telah mendapat dukungan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu dan tempat penangkaran yang terbuat dari material seadanya sudah bisa ditingkatkan.

Roman Dias yang menjadi pembina KP3ALH mengatakan, niat dan upaya 30 pemuda yang sebagian besar berstatus putus sekolah ini sangat mulia dan sama dengan tujuan BKSDA yaitu pelestarian penyu.

Sepanjang pantai Air Hitam yang termasuk dalam TWA Air Hitam merupakan habitat alami penyu dan menjadi lokasi bertelur setiap tahunnya. Penyu yang bisa ditemui di lokasi ini penyu jenis Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Lekang dan Penyu Sisik.

Bahkan di lokasi ini pernah ditemukan penyu yang memiliki taging dan diketahui berasal dari Filipina. Kawasan ini harus dilestarikan karena menjadi tempat bertelur penyu dari seluruh benua. (e)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s