LEBARAN, TARIF HOTEL DI SUMBAR TAK NAIK

TARIF hotel berbintang dan melati pada daerah kabupaten/kota di Sumbar pada liburan lebaran Idul Fitri tahun 2008 tidak naik, meski permintaan melonjak tajam terutama dari kalangan wisatawan domestik yang berkunjung ke Ranah Minang.

“Tarif hotel di Sumbar dipastikan tidak akan naik, kalau harga sewanya lebih tinggi dari biasanya karena tidak ada diskon khusus saja,” kata Ketua PHRI Sumbar, Maulana Yusran, di Padang, Kamis.

Dia mengatakan hal tersebut terkait kesiapan sejumlah hotel di Sumbar menyambut libur lebaran Idul Fitri yang tinggal dua pekan lagi.

Menurut dia, hotel-hotel di Sumbar pada hari biasa menerapkan diskon khusus, namun ketika permintaan meningkat seperti libur lebaran dan akhir tahun, biasanya tarif normal.

“Jadi sebenarnya tarif itu tidak naik, manajemen hanya memberlakukan harga normal saja,” katanya.

Terkait memasuki libur lebaran, katanya, sejumlah hotel di Kota Bukittinggi sudah dipesan terutama kalangan wisatawan asal provinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan Kota Jakarta

“Biasanya yang memasan itu kalangan perantau yang pulang kampung sambil mengunjungi sejumlah objek wisata di Sumbar,” katanya seperti dilansir antara

Dia mengatakan, hotel tersebut akan penuh ketika H+2 hingga semingga setelah lebaran.

Sumbar memiliki 29 unit hotel berbintang (1.926 kamar), 183 hotel jenis melati (2.948 kamar) dengan tingkat hunian rata-rata 65 persen.

Sejumlah hotel tersebut umumnya berada di Kota Padang dan Bukitinggi satu daerah tujuan wisata andalan provinsi dengan penduduk 4,6 juta jiwa itu.

Hotel di Kota Padang itu di antaranya hotel Pengeran Beach, Rocky, Inna Muara dan Bumi Minang.

Sumbar memiliki sejumlah objek wisata unggulan yaitu kawasan Gunung Padang (Kota Padang), resort wisata Mandeh (Pesisir Selatan), kawasan taman Panorama Baru Bukitinggi, resort Danau Kembar, wisata Bahari Kep. Mentawai, Lembah Harau, Maninjau dan Puncak Lawang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s