Posted by: pratiwi7 | September 12, 2008

Mudik’s Storie

11 Oktober 2007
Pergi dari rumah jam 2 siang. How come? Karna nunggu Ayah pulang dari kantor dulu, udah gitu nungguin oom juga, yang tinggal di Cibitung, katanya juga masih masuk kerja. Uring-uringan deh, nggak sabar pengen buru-buru pergi (kayak anak kecil nggak sih, huehehehe…).
Akhirnya, ketemuan sama oom dan keluarganya di TI 59 (maksudnya tempat istirahat di kilometer 59), kalo masuk ke rumahnya wah lumayan jauh… Kira-kira nunggu sekitar 10 menitlah, trus mobilnya oom udah ada di belakang, ya wis, pergi.
TAPI, perjalanan yang menyenangkan ini berubah menjadi membosankan setelah keluar dari tol Cikampek macet-cet-cet (bukannya tiap mudik selalu kena macet ya?). Belum lagi mau masuk ke Cirebon, yang deket orang jualan peuyeum, macet grek, sama sekali nggak jalan. Rasanya maleeeeeees banget. Diajakin d’Wulan main kartu UNO juga udah males deh. Akhirnya gw bawa tidur aja, dengan harapan saat gw bangun nanti sudah terhindar dari kemacetan. Eh, nyatanya belum juga… Gw paling BT kalo perjalanan mudiknya belum keluar dari daerah Jawa Barat. Kapaaaan ini nyampenya… Sekedar info, Jakarta-Solo 700 km, lebih dikit. Hmmm…
Yang gw inget, Ayah baru makan jam 10 malam, di TI (km berapa ya?) mau keluar tol Cirebon.

12 Oktober 2007
Jam 7.30 pagi, sarapan dulu di resto langganan kalo mudik, Sendang Wungu, di Gringsing (abis Alas Roban deh). Tempatnya sih biasa aja, tapi makanannya lumayan enak lah. Duluuuu banget, waktu gw SD, harga tehnya masih 200 rupiah (kalo sekarang cuma dapet permen 1), dan sekarang harga tehnya jadi 2500. Kemajuan…
Sampe di Salatiga, mampir dulu beli lauk buat di rumah eyang. Eh iya, lebarannya di rumah eyang (orangtuanya Ayah), di Karanggede. Baru setelah itu ke Solo (tempatnya Mama, tapi eyang udah nggak ada). Solo-Karanggede hanya 1 jam. Deket banget kok, bisa bolak-balik deh. Eh iya, sampe di rumah eyang jam 11.30 siang, capeeek banget. Dan kami adalah tamu pertama yang datang, mana yang lain?

13 Oktober 2007
Lebaran di tempat eyang jatuh pada hari ini. Jadi pagi-pagi shalat Ied di masjid deket rumah. Selesai shalat trus sungkeman, abis itu makan, abis itu pergi ke sarean, Kulon Loji. Siangnya sodara-sodara pada dateng. Nah baru nih rame… Trus main kartu UNO deh. Capek deh.

14 Oktober 2007
Pergi ke Solo pagi, jam 7. Senangnya… Terus jam 10 pergi ke acara halal bihalal dari trah-nya (alm.) eyang kakung. Iseng-iseng kami mengistilahkan acaranya dengan kata USDEK: unjukan, sup, daharan, es, kundur. Huahahaha, Ayah tuh yang bilang. Memang urutannya hampir dipastikan begitu. Unjukan tuh artinya minum, biasanya teh manis anget (tehnya enak banget loh!). Sup, biasanya sup galantine atau sup bunga matahari. Eh, tapi sebelum sup biasanya makanan kecil juga loh. Daharan tuh artinya makan, makanan utama. Trus es, biasanya es puter plus agar-agar. Udah gitu kundur, artinya pulang, sungkeman abis itu pulang. Huehehehe…

15 Oktober 2007
Pergi ke acara halal bihalal dari trah-nya (alm.) eyang uti. Nah, USDEK juga nih! Oh iya, keinginan terpenuhi nih, karena es krimnya: es TENTREM, alhamdulillah, senangnya…. Es ini terkenal di Solo dan memang ueenak. Sorenya pergi ke sarean, Pracimaloyo, Makam Haji.
Malamnya dibelikan oom Agus susu murni. Inget waktu kecil dulu, overweight gara-gara kebanyakan minum susu murni, huehehehe…

16 Oktober 2007
Pagi-pagi pergi ke Karanggede lagi, bawa nasi liwet sama serabi Notosuman. Oh iya, siangnya diajakin sepupu-sepupu main di kebun (kebunnya eyang luas, banyak tanaman+pohon buah-buahan). Eh, gw diajakin ngambil kelapa, yang entah itu pohon kelapanya siapa? (usut punya usut, ternyata pohon kepalanya tetangga!) Bisa dibayangin nggak, gw main di kebun pake celana jeans plus kemeja??? Lupa nggak ganti baju dulu!!!! *pengalaman tak terlupakan*
Malamnya balik lagi ke Solo.

17 Oktober 2007
Sarapan soto Kirana, di Kawatan, jalan kaki 10 menit deh. Rame banget… Enak sih.
Jam 10 pergi ke tempat eyang Cuk, udah gitu ke rumah sepupu gw di Palur. Senangnya… Pulangnya dibawain lidah kucing satu toples, huehehehe… Alhamdulillah.

18 Oktober 2007
Sarapan soto daging Trisakti deket rumah, nggak sampe 1 menit (yang bener?). Nah, kalo yang ini baru gw bilang enak banget. Siangnya wah… dibelikan cabuk rambak+dawet pak Cip sama bude (makasih ya bu Neni…), trus dibelikan es kelapa muda sama oom Agus (makasih ya pak Atmo… btw, saya juga masih bingung kenapa oom dipanggil pak Atmo, padahal kan namanya Agus, huehehehe…), sorenya makan ayam bakar plus masakan di Warung Kita (kokinya yang paling handal baru saja meninggal), favorit kami: mie goreng sama fuyunghay. Yummy…

19 Oktober 2007
Pulang ke Jakarta. Bagasi penuh kembali dengan makanan plus cemilan khas Solo (termasuk abonnya pak Misran dan roti Mandarijn-nya ORION plus lidah kucing yang dikasih sama sepupuku, huehehehe…). We’ll miss you all… ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories