Wisata Flora dan Fauna

  • KEBUN WISATA PASIR MUKTI
    Kebun Wisata Agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah di antara kebun buah dan kolam ikan. Terletak diantara desa Tajur, Pasirmukti dan Gunungsari.

    Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, kami memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi masyarakat pengunjung khususnya generasi muda Indonesia. Kebun Wisata Pasirmukti dapat dicapai sekitar 45 menit dari Jakarta.

    Alamat
    Jl. Raya Tajur Pasirmukti km. 4
    Citeureup – Bogor
    Tel : 021 – 8794 3864, 8794 3865
    Faks : 021 – 8794 3866
    Emai : pasirmukti@cbn.net.id

  • TANAMAN BUNGA DAN TANAMAN HIAS RAWA BELONG
    Pemerintah DKI Jakarta membantu mengatasi Pembangunan Pusat Promosi dan Bunga / Tanaman Hias di Rawa Belong, Jl. Sulaeman, Kel. Sukabumi Ilir, Jakarta Barat. Meningkatnya kesadaran manusia akan estetika dan kesegaran lingkungan, mendorong meningkatnya permintaan anggrek dan tanaman hias baik untuk dalam negeri maupun luar negeri, terutama untuk dieksport. Fungsinya sebagai wadah untuk menampung dan membina para petani dan pedagang bunga/tanaman hias dalam meningkatkan mutu dan memperluas pemasaran.

    Fasilitas yang ada:

    Penjualan grosir anggrek, bunga gunung dan bunga rampat, penjualan eceran anggrek dan bunga gunung, penjualan rangkaian bunga, penjualan tanaman hias, penjualan karangan bunga/vas bunga, penjualan pot dan informasi harga dari berbagai jenis bunga.

    Jl. Sulaeman
    Kel.: Sukabumi Ilir

  • HUTAN KOTA SRENGSENG
    Hutan kota ini terletak di wilayah kota Jakarta Barat, Kecamatan Kembangan, Kelurahan Srengseng. Kawasan ini bertipe hutan kota konservasi resapan air, seluas 15 ha.

    Hutan kota Srengseng punya bentang alam yang cukup beragam, dari lahan datar, bergelombang sampai danau serta pulau yang ada di tengah kawasan. Luas danau itu kira-kira tujuh ribu meter persegi.

    Selain aktivitas memancing, jalan-jalan keliling hutan juga menarik. Sebab ada 68 jenis pohon yang ditanam. Sebut saja, Rambutan Irian, Kayu Manis, Tanjung, Pilang, Buah Nona, Buni, Saga, Bambu Kuning, Bintaro, Mahoni, Asam Ranji, Jati Lampung, Dadap Merah dan masih banyak lagi.
    Tak jarang, di balik tajuk tanaman pelindung itu terdengar kicauan burung. Kalau rajin mengintip dengan teropong sosok cerucuk, burung gereja, kutilang, tekukur dan cabe-cabean terlihat jelas. Seperti kata Ria Saryanthi dari BirdLife Indonesia, birdwatching di hutan kota tak kalah menarik dengan di hutan luar kota.

    Srengseng
    Kel.: Srengseng Kec.: Kembangan

  • PUSAT PENJINAKAN DAN LATIHAN GAJAH
    Lokasi : Sebanga, Kecamatan Mandau
    Kabupaten : Bengkalis

    Di Sebanga-Duri, kurang lebih 139 kilometer dari kota Pekanbaru terdapat pusat pendidikan, penjinakan dan latihan gajah-gajah Riau. Sebagai salah satu objek wisata atraktif di Riau Daratan, berada di lokasi inl akan mendatangkan keasyikan tersendiri bagi para pengunjung saat menyaksikan atraksi dan demonstrasi gajah yang menghibur

    Gajah sebagai binatang buas telah dapat dijinakkan di Sebanga ini. Gajah-gajah di sini dapat menampilkan atraksi, antara lain : melangkahi potongan kayu ukuran besar yang telah disusun, memberi hormat kepada pengunjung, mengangkat kayu dengan belalai, melangkahi manusia yang terbaring di atas tanah dan sebagainya.

  • TEMPAT REKREASI LLMBUNGAN
    Lokasi : Kecamatan Rumbai
    Kotamadya : Pekanbaru

    Limbungan adalah danau buatan berupa bendungan irigasi terletak kurang lebih 10 kilometer dari kota Pekanbaru. Pemandangan alam sekitar danau dengan panorama yang indah, sejuk, nyaman dan bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan, memungkinkan dikembangkan sebagai tempat atraksi wisata tirta seperti berenang, memancing, bersepeda air dan lain-lain.

  • TAMAN NASIONAL BALI BARAT
    Taman Nasional Bali Barat terletak diareal lahan seluas 19.000 hektar dan terdapat di dua kabupaten yaitu Buleleng dan Jembrana. Di Lokasi ini terdapat Pulau Menjangan yang mempunyai pantai sangat indah. Koleksi Fauna yang terdapat disini antara lain Rusa, Babi Hutan, Burung Jalak Bali. Sedangkan koleksi Flora yang terdapat disini antara lain pohon Panggal Buaya yang berduri seperti punggung buaya dan Pohon Sawo Kecik yang amat digemari oleh kaum wanita.

    Sumber : Navigasi Net

  • PUSAT PENDIDIKAN DAN PENJINAKAN GAJAH DI SEBANGA
    Gajah yang selama ini kita kenal sebagai binatang buas ternyata dapat menarik perhatian pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini. Karena gajah – gajah itu dapat bermain bola, melangkahi potongan kayu yang telah disusun, melangkahi manusia yang sedang berbaring dan dapat pula mengangkat kayu dengan mengunakan belalainya. Bukan hanya itu setiap awal dan akhir pertunjukan gajah – gajah ini tidak pernah lupa memberi hormat kepada pengunjung yang menyaksikannya.

    Lokasi
    Kabupaten Bengkalis
    Riau

  • PARANGINAN PUAK
    Paranginan Puak memiliki pemandangan yang indah, sejuk dan dingin. Tumbuhan tropis yang ada di Paranginan Puak menjadikan kawasan ini semakin asri. Sambil menikmati pemandangan dan panorama yang indah dikawasan wisata ini pengunjung dapat menikmati buah Durian. Yang khas dari buah Durian ini adalah rasa buah dan aromanya yang sangat menggiurkan.

    Lokasi
    Kota Dumai
    Riau

  • HUTAN LINDUNG BUKIT SULIGI
    Hutan Lindung Bukit Suligi ini menempati areal seluas 3000 hektar. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam flora dan fauna langka. Hutan Lindung Bukit Suligi sangat menarik untuk dikunjungi karena di lokasi terdapat sumber mata air panas, gua alam, air terjuan dan jalan setapak yang sangat menantang untuk dijelajahi.

    Lokasi
    Kecamatan Tandun
    Kabupaten Rokan Hulu
    Riau

  • RIMBO PANTI
    Rimbo Panti merupakan hutan perawan dimana hidup binatang – binatang liar seperti harimau, macan tutul, tapir, rusa, kambing hutan, berbagai monyet, burung-burung dan sebagainya. Di kawasan wisata ini juga terdapat kawah dengan magma menggelegak yang menyebabkan air disekitarnya selalu panas.

  • BUKIT SERELO
    Penduduk setempat menyebutnya Bukit Tunjuk, karena bentuk puncaknya yang mirip telunjuk yang mencuat ke langit.

    Di sini terdapat sekitar 40 ekor gajah yang sudah dijinakkan. Pengunjung dapat berfoto dengan gajah tersebut. Sebagai imbalanya tinggal memberikan tip sebesarRp. 5.000,- kepada pawang dan anda dapat berpose sepuasnya. Dan jangan lupa memberikan gula-gula, kacang dan sebagainya kepada Gajah – gajah tersebut.

  • SUAKA MARGASATWA SEMBILANG
    Tempat ini merupakan surga bagi berbagai jenis burung dari binatang yang dilindungi seperti bangau, tongtong, bangau putih, sindang lawe, pelican, itik liar, rajawali, rangkong jambul dan katigkareng, bahkan terdapat pula buaya dan lumba-lumba air tawar
  • BAYUNG LENCIR
    Bayung Lencir adalah sebuah kota yang terletak di perbatasan Jambi. Untuk mencapainya hanya dapat dilalui dengan jalan air dari Palembang dan menuju sungai Lalan.

    Di sepanjang perjalanan di Sungai Lalan terdapat hutan – hutan perawan, rumah – rumah rakit dan perusahaan pengolahan kayu.Di dalam hutan terdapat binatang liar yang sesekali muncul.

  • TAMAN MAYANG MANGURAI
    Jl. A. Yani
    Jambi
  • TAMAN ANGGREK
    Jl. A. Yani Telanai Pura
    Jambi
  • KERINCI SEBLAT NATIONAL PARK
    Di Taman Nasional ini terdapat 129 jenis burung, 36 hewan mamalia, 10 jenis hewan reptil, 6 jenis amphibi dan 10 jenis hewan primata. Tidak hanya koleksi fauna saja yang terdapat di Kerinci Seblat National Park ini, di sini juga terdapat 4000 flora yang tumbuh di sini.
  • KEBUN WISATA PASIRMUKTI
    Kebun Wisata Agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah di antara kebun buah dan kolam ikan. Terletak diantara desa Tajur, Pasirmukti dan Gunungsari.

    Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, kami memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi masyarakat pengunjung khususnya generasi muda Indonesia. Kebun Wisata Pasirmukti dapat dicapai sekitar 45 menit dari Jakarta.

    Alamat
    Jl. Raya Tajur Pasirmukti km. 4
    Citeureup – Bogor
    Tel : 021 – 8794 3864, 8794 3865
    Faks : 021 – 8794 3866
    Emai : pasirmukti@cbn.net.id

  • KEBUN RAYA BOGOR
    Didirikan tahun 1817 atas prakarsa Prof. Dr. Reinwadt, seorang ahli botani.
    Di lahan seluas 87 hektar ini Kebun Raya Bogor mempunyai koleksi tanaman sekitar 20.000 yang tergolong dalam 6.000 species.

    Salah satu koleksi tertua di sini adalah pohon kelapa sawit yang berasal dari Afrika dan merupakan pohon tertua di Asia Tenggara. Tidak jauh dari pintu gerbang terdapat tugu peringatan yang didirkan oleh Rafles untuk istrinya Olivia Maria yang meninggal pada tahun 1814.

    Alamat
    Jl. Ir. H. Juanda No. 13
    Bogor
    Jawa Barat

  • CIHIDEUNG
    Di kawasan wisata ini pengunjung dapat menyaksikan keaneka ragaman tanaman hias.

    Alamat
    Desa Cihideung Kecamatan Parongpong

  • LEUWEUNG SANCANG
    Untuk mencapai Leuweung Sancang diperlukan waktu sekitar 5 jam dari Garut.
    Cagar Alam Leuweung Sancang merupakan kawasan hutan hujan tropika rendah yang mempunyai multi fungsi.

    Fauna yang terdapat dalam Cagar Alam ini antara lain : Banteng, Burung Merak dan Mencek. Sedangka flora yang terdapat di sini antara lain : Palahlar, Kabao, Werejit.

    Namun hanya diperuntukan untuk hal – hal yang berhubungan dengan pendidikan dan penelitian.

    Alamat
    Kecamatan Cibalong
    Jawa Barat

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.